Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Istikharah Arab Latin dan Terjemahannya

Advertisement
Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Istikharah Arab Latin dan Terjemahannya - kali ini admin share mengenai tata cara, bacaan niat dan doa sholat istikharah. perlu diketahui sholat istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah oleh mereka yang berada di antara beberapa pilihan dan merasa ragu-ragu untuk memilih atau saat akan memutuskan sesuatu hal. Spektrum masalah dalam hal ini tidak dibatasi. Seseorang dapat salat istikharah untuk menentukan di mana ia kuliah, siapa yang lebih cocok menjadi jodohnya atau perusahaan mana yang lebih baik ia pilih. Setelah salat istikharah, maka dengan izin Allah pelaku akan diberi kemantapan hati dalam memilih. Manusia hanya makhluk yang tidak punya daya dan kekuatan dalam segala hal tanpa izin Allah SWT termasuk menentukan pilihan terbaik dalam hidup, maka dengan petunjuk-Nya semua hal yang akan membawa kebaikan dalam hidup bisa diperole,h termasuk untuk menentukan pilihan dari suatu yang masih ghaib dan rahasia, Allah maha mengetahui segala hal baik setelah maupun yang akan terjadi. Memohon pilihan terbaik kepada Nya merupakan cara sebagaimana telah diajarkan Rasulullah bagi ummatnya, sehingga dapat menemukan pilihan sesuai keinginan sehingga membawa dampak baik dalam kehidupan. Dalam Allah berfirman : ‘Wasta’inu bis shobri was sholah’ (minta tolonglah kepada allah dengan sabar dan shlat)
Adapun waktu pelaksanaannya boleh siang hari ataupun malam hari. Akan tetapi waktu yang paling baik adalah pada sepertiga malam yang terakhir yaitu antara pukul 01.00 WIB dan menjelang subuh, karena biasanya pada suasana yang hening hati akan khusyu’, baik dalam shalat maupun dalam membaca doa.
Cara pelaksanaan shalat istikharah sama dengan cara pelaksanaan shalat fardhu, baik gerakan maupun bacaannya.Perbedaannya hanyalah pada niat. berikut ini saya sajikan tata cara, bacaan niat dan doa sholat istikharah arab latin dan artinya silahkan simak dibawah ini.
Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Istikharah Arab Latin dan Terjemahannya


Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Istikharah Arab Latin dan Terjemahannya
- Niat Sholat Istikharah

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال

Arinya: Aku (niat) shalat sunat istikharah 2 rakaat karena Allah Ta`ala.

Adapun surat yang dibaca boleh surat apa saja yang telah dikuasai. Akan tetapi sebaiknya dibaca surat yaitu pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah dibaca surat Al-Kafirun, lalu dilanjutkan dengan membaca surat AL-Qashash ayat 68-69, sebanyak 7 kali,yaitu :

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Ia kehendaki dan memilihnya.Sekali-kali tak ada pilihan bagi mereka. Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan.

Pada rakaat kedua setelah AL-Fatihah dibaca surat AL-Ikhlash, lalu dilanjutkan dengan membaca surat AL-Ahzaab ayat 36, sebanyak 7 kali,yaitu :

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا

Artinya: Dan tidaklah putut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apa bila Allah dan rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, Dan barang siapa mendurhakai Allah dan rasul-Nya, maka sungguhlah dia telah benar-benar sesat.

Setelah selesai sholat maka berdoa dengan doa sholat istikharah dibawah ini.
- Doa Sholat Istikharah

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.
Artinya : Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu. 
Perbedaannya utama sholat istikharah dengan sholat biasa hanya pada niat. berikut ini cara yang bisa dilakukan :

1. Mengucapkan niat dalam hati
2. Takbiratul Ihram
3. Membaca Surat Al-Fatihah
4. Lanjutkan seperti melakasanakan sholat biasa baik sholat wajib atau sholat sunnah yang lain
5. Setelah selesai shalat bisa membaca Istighfar, sholawat kemudian berdoa dengan penuh kesungguhan untuk memohon agar dapat memilih satu pilihan yang terbaik.

Sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang bahwa setelah istikharah biasanya akan mendapat petunjuk melalui mimpi, meskipun hal itu tidak salah namun tidak selamanya benar karena bisa jadi mimpi itu memang sebagai pentunjuk dan datang dari Allah Swt tapi tidak menutup kemungkinan mimpi juga bisa datang dari syetan yang sengaja menggoda. Karenanya, alangkah baiknya jika pasrahkan saja semuanya kepada Allah setelah shalat istikharah, karena hanya dia yang maha mengetahui yang baik bagi ummatnya, biasanya kita akan mendapat petunjuk dalam bentuk keteguhan dan kelapangan hati dalam menentukan pilihan.
Demikianlah yang telah saya sampaikan mengenai Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Istikharah Arab Latin dan Terjemahannya semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca juga dapat dikerjakan jika mendapatkan pilihan yang sulit untuk menentukan pilihan yang terbaik.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: