Bacaan Niat dan Doa Sholat Witir Arab Latin dan Terjemahannya

Advertisement
Bacaan Niat dan Doa Sholat Witir Arab Latin dan Terjemahannya - kali ini admin share tata cara, bacaan niat dan doa sholat witir. Sholat Witir adalah sahalat sunnah yang dilaksanakan antara waktu insya sampai waktu shalat shubuh. Witir berasal kata berarti Ganjil atau tidak genap, karena itu sholat witir harus dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil yaitu mulai dari 1 rakaat, 3, 5, 7, 9 sampai 11 raka’at dalam 1 malam. Sholat ini selalu dikerjakan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya dan memiliki kedudukan sebagai shalat sunnah muakkadah. Cara pelaksanaannya tidak dianjurkan dilaksanakan secara berjemaah kecuali witir pada pertengahan ramadhan yang dilakukan setelah sholat tarawih. Sesuai anjuran nabi sebaiknya witir dilakukan setelah sholat isya’ jika khawatir tidak bisa bangun pada tengah malam, tapi jika dipastikan akan bangun malam, maka sebaiknya dilakukan setelah shalat tahajud sebagai penutup sholat malam dan merupakan waktu paling utama. Sedangkan apabila shalat tarawih pada bulan Ramadhan sampai pada tanggal 15 Ramadhan sampai seterusnya, maka pada rakaat Witir yang terakhir yaitu ketika bangun dari ruku’, di sunnatkan membaca do’a qunut.
Solat ini bisa dilakukan paling sedikit satu raka’at maksimal 11 raka’at dan hanya dilakukan 1 kali dalam satu malam. Contoh jika setelah isya’ telah melaksanakan, karena khawatir tidak bisa bangun malam, namun pada tengah malam terbangun dan melaksanakan shalat tahajud maka tidak perlu melakukannya lagi. Jumlah 1 dalam witir adalah raka’at paling sedikit tapi lebih utama jika dikerjakan 3 – sampai 11 raka’at, caranya dengan melakukan 2 rakaat diakhiri dengan salam lalu shalat lagi satu rakaat, akhiri lagi dengan salam, jika ingin melaksanakan sebelas rakaat, berarti lakukan 2 rakaat kali 5 ditambah 1 rakaat lagi. Adapun Bacaan Niat dan Doa Sholat Witir saya sajikan disini lengkap dengan tulisan arab latin dan terjemahan indonesianya silahkan simak dibawah ini.
Bacaan Niat dan Doa Sholat Witir Arab Latin dan Terjemahannya


Bacaan Niat dan Doa Sholat Witir Arab Latin dan Terjemahannya

- Niat Shalat Sunnah Witir 3 Rakaat 

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL WITRI TSALAATSA RAKA'AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA'AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALA
Artinya : Saya niat sholat witir tiga raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

- Niat Shalat Sunnah Witir 2 Rakaat 

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL WITRI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA'AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALA
Artinya : Saya niat sholat witir dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

- Niat Shalat Witir 1 Rakaat 

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL WITRI RAK'ATAN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA'AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALA
Artinya : Saya niat sholat witir satu raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Jika menjadi imam maka niatnya ditambah dengan kata IMAAMAN dan kata MA'MUUMAN jika menjadi ma'mum setelah kata ADAA'AN.

Dan begitu juga seterusnya tergantung berapa raka'at shalat witir, maka kita sesuaikan saja niatnya sesuai raka'at yang akan kita laksanakan Adapun surat yang dibaca setelah surat Al-Fatihah, boleh surat apa saja yang dikuasai. Akan tetapai sebaiknya dibaca: pada rakaat pertama surat Al-A’laa, rakaat kedua Al-Kaafirun, dan rakaat ketiga Al-IKhlash, Al-Falaq dan An-Naas (dibaca berturut-turut).

- Bacaan Doa Sholat Witir Arab Latin dan Terjemahannya

سبحان الملك القدوس
اَللَّهُمَّ إِنِّا نسْأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَقَلْبًا خَاشِعًا وَعِلْمًا نَافِعًا وَيَقِيْنًا صَادِقًا، وَعَمَلاً صَالِحًا وَدِيْنًا قَيِّمًا وَخَيْرًا كَثِيْرًا، وَالْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَالْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتنا ، وَصِيَامنا و قيا منا وتخشعنا ، وَتَضَرُّعنا وتعبدنا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرنا يآ الَله يآ الَله يآ ارحم الراحميْنَ

Subhaanal malikil qudduus (3 x). Allaahumma innaa nas-aluka iimaanan daa-iman, wa qalban khaasyi-an, wa 'ilman naafi’an, wa yaqiinan shaadiqan, wa ‘amalan shaalihan, wa diinan qayyiman, wa khairan katsiiran, wal l ‘afwa wal ‘aafiyah, wal ghinaa ‘aninnaas. Allaahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa wa shiyaamanaa wa qiyaamanaa watakhasysyu’anaa wa tadharru’anaa wa ta’abbudanaa wa tammim taqshiiranaa, Yaa Allaahu Yaa Allaahu Ya Allaahu Yaa Arhamar Raahimi

Artinya: Maha suci Tuhan Yang Merajai lagi Maha Suci. Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Wahai Allah, Tuhan kami! Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami, Sempurnakanlah kelalaian (kekurangan) kami, wahai Allah, wahai Allah, wahai Allah, wahai Zat Yang Paling Penyayang di antara para penyayang
Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Niat dan Doa Sholat Witir Arab Latin dan Terjemahannya semoga dapat bermanfaat bagi dan dapat diamalkan oleh para pembaca.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: