Tata Cara, Niat dan Doa Mandi Wajib Arab Latin dan Artinya

Advertisement
Tata Cara, Niat dan Doa Mandi Wajib Arab Latin dan Artinya - kali ini admin akan sharing tentang Doa Mandi Wajib. Mandi wajib atau mandi junub, ada juga yang menyebutnya mandi besar, mandi basah, keramas yaitu kegiatan yang dilakukan saat kita mempunyai hadats besar yaitu yang disebabkan oleh hubungan suami istri, Keluar mani, haid, nifas, dan melahirkan. Hadast besar dapat dihilangkan dengan mandi junub / janabat / mandi wajib / mandi hadast besar. Hukum mandi besar adalah wajib. Perbedaan mandi biasa dan mandi besar itu adalah ketika mandi biasa cukup niat mandi untuk membersihkan diri saja atau tidak membaca niat juga tidak apa-apa, namun untuk mandi besar atau mandi wajib kita dituntut untuk berniat khusus mandi besar untuk menghilangkan hadats besar.
Menghafal doa niat mandi wajib sangat diperlukan supaya bila kita memiliki hadats besar sewaktu-waktu menjadi mudah dalam mandi besar. Bagi kita semua yang belum tahu bagaimana niat atau doa mandi besar, kita dengan mudah bisa melihat dibawah ini doa mandi wajib lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta terjemahan bahasa indonesianya.Sengaja lafadz bacaannya kami sajikan lengkap supaya yang bisa membaca Al-Qur'an atau tidak bisa membaca Al-Qur'an dapat dengan mudah dalam mempelajari dan menghafalkan.
Tata Cara, Niat dan Doa Mandi Wajib Arab Latin dan Artinya


Doa Mandi Wajib / Niat Mandi Wajib Arab Latin dan Artinya
 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIRO'IL HADATSIL AKBARI FARDHANN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
"Saya niat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Ta'alaa."

Niat mandi besar atau mandi jinabat itu seperti niat niat dalam ibadah yang lain, yaitu di dalam hati, adapun kalimat dan arti Doa Niat Mandi Wajib niatnya adalah sebagai berikut yang di kelompokan dalam tiga bahagian.

1. Jika mandi besar disebabkan junub, Mimpi basah, keluar mani, senggama niat mandi besarnya yaitu: BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA
Artiya: Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala

2. Jika mandi besarnya disebabkan karena haid maka niat mandi besarnya yaitu:
BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALA
Artinya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala

3. Jika mandi besarnya disebabab karena nifas, maka niyat mandi besarnya yaitu:
BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA
Artinya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala

Tata Cara Mandi Wajib

Dan untuk urutan tata cara mandi wajib yang benar menurut Islam adalah sebagai berikut:
  1. Dimulai dengan niat untuk menghilangkan hadas besar. Mulailah segala sesuatu hal dengan niat. Bisa bahasa Arab atau bahasa Indonesia saja.
  2. Membersihkan telapak tangan sebanyak 3x lalu bercebok Membersihkan kemaluan serta kotoran yang ada disekitarnya hingga bersih dengan tangan kiri.
  3. Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan tangan ke tanah atau dengan menggunakan sabun.
  4. Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak shalat
  5. Mengguyur air pada kepala sebanyak 3 kali hingga sampai ke pangkal rambut
  6. Mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri
  7. Menyela-nyela (menyilang-nyilang) rambut dengan jari
  8. Mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan, lalu kiri.
Disunnahkan untuk melaksanakan mandi besar junub jinabat itu dengan tertib seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Demikianlah telah saya sampaikan tentang Doa Mandi Wajib, Niat dan Tata Cara Mandi wajib yang benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam melaksanakan salah satu bagian dari thoharoh ini. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan tentang niat doa mandi wajib bahasa arab, latin dan artinya. Silahkan para pembaca hafalkan dan amalkan ketika hendak melakukan mandi wajib.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: