Bacaan Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahannya

Advertisement
Bacaan Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahannya - kali ini admin share Bacaan Niat Puasa Ramadhan karena salah satu rukun puasa adalah niat yang dilaksanakan pada malam hari yang biasanya setelah sholat tarawih membacakan niat puasa bersama- sama. Puasa ramadhan adalah puasa wajib bagi setiap muslim baik laki-laki atau perempuan yang sudah baligh dan berakal. Alloh berfirman dalam surat Al baqoroh ayat 183 yang artinya:
"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa" (QS. Al Baqarah Ayat 183)
Lafal niat biasanya pada hari pertama sholat tarawih membaca niat puasa sebulan penuh pada bulan ramadhan tujuannya agar jika kita lupa untuk niat puasa pada malam harinya maka tidak apa- apa karena sudah niat puasa sebulan penuh pada awal ramadhan namun tetap dianjurkan membaca niat puasa tiap malam hari pada saat bulan ramadhan. tetapi apabila puasanya terputus maka diharuskan untuk niat puasa ramadhan lagi, karena telah memutus bulan ramadhan yaitu dengan meninggalkan puasa. seperti kutipan dari Majmu Fatawa:

كُلُّ مَنْ عَلِمَ أَنَّ غَدًا مِنْ رَمَضَانَ وَهُوَ يُرِيدُ صَوْمَهُ فَقَدْ نَوَى صَوْمَهُ سَوَاءٌ تَلَفَّظَ بِالنِّيَّةِ أَوْ لَمْ يَتَلَفَّظْ . وَهَذَا فِعْلُ عَامَّةِ الْمُسْلِمِينَ كُلُّهُمْ يَنْوِي الصِّيَامَ

Artinya : Setiap orang yang tahu bahwa esok hari adalah Ramadhan dan dia ingin berpuasa, maka secara otomatis dia telah berniat berpuasa. Baik dia lafalkan niatnya maupun tidak ia ucapkan. Ini adalah perbuatan kaum muslimin secara umum; setiap muslim berniat untuk berpuasa. (Majmu’ Fatawa, 6:79)

Adapun Bacaan Niat Puasa Ramadhan disini saya sajikan lengkap dengan tulisan arab latin dan terjemahan indonesianya, silahkan simak dibawah ini.
Bacaan Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahannya

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahannya

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Artinya semoga dapat menambah ilmu bagi para pembaca juga amal puasa kita diterima oleh Allah SWT.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: