Bacaan Niat dan Doa Sholat Hajat Arab Latin dan Terjemahannya

Advertisement
Bacaan Niat dan Doa Sholat Hajat Arab Latin dan Terjemahannya - kali ini admin share tata cara, niat dan doa sholat hajat. Shalat Hajat adalah shalat yang dikerjakan agar hajat (keinginan/kebutuhan)-nya dikabulkan Allah. Hajat yang dimaksudkan di sini adalah hajat yang dibenarkan syariat Islam, baik berupa perlindungan ataupun tercapainya maksud. Shalat dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 raka’at dengan salam setiap 2 rakaat. Shalat ini dapat dilakukan kapan saja asalkan tidak pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan shalat. hanya saja lebih baik sholat hajat dikerjakan dimalam hari dan waktu mengerjakan shalat hajat terbaik yang dapat dikerjakan adalah saat tengah malam atau lebih tepatnya saat sepertiga malam terakhir. Hal ini seperti dijelaskan didalam Hadist Nabi Saw yang diriwatkan oleh Abu Hurairah artinya ”Allah akan turun ke langit dunia disetiap malam hari pada sepertiga malam terakhir dan Allah telah berfirman bahwa siapa yang berdoa kepadaku maka niscaya akan aku kabulkan, siapa yg meminta kepada ku maka niscaya akan aku berikan dan siapa yang meminta ampun kepada ku maka tentu akan aku ampuni" (HR. Bukhari dan Muslim). Sedangkan hukum mengerjakan shalat hajat ini sudah tentu hukumnya sunnah. Shalat Hajat merupakan suatu cara paling tepat dalam mengadukan permasalahan yang sedang dihadapi oleh seorang muslim. Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan dan keinginan di dalam dunia ini, dan bahkan keinginan tersebut selalu ada dan tidak terbatas dari hal paling kecil yang bersifat pribadi hingga hal yang menyangkut kebutuhan semua orang seperti halnya pada sebuah Negara. Bagi sesorang yang beriman, tentunya segala kebutuhan, cita-cita, harapan, dan keinginan tersebut, tidak serta merta selalu ditempuh melalui jalan usaha secara praktis belaka. Namun, ia akan terlebih dahulu mengadukannya kepada Allah SWT, salah satunya dengan cara melakukan Shalat Hajat.
Sholat hajat dikerjakan sama seperti sholat pada umumnya hanya saja berbeda niatnya dan ada doa khusus setelah sholat hajat. surat yang dibaca pada rakaat pertama setelah surat Al-Fatihah dibaca surat Al-Kafirun 3 kali, dan pada rakaat kedua surat Al-Ikhlash 3 kali. kemudian sholat yang selanjutnya surat pada rakaat pertama setelah surat Al-Fatihah dibaca ayat kursi 1 kali dan pada rakaat kedua surat Al-Ikhlash 1 kali. adapun bacaan niat dan doa setelah sholat hajat disini saya sajikan lengkap dengan tulisan arab latin dan terjemahannya silahkan simak dibawah ini.
Bacaan Niat dan Doa Sholat Hajat Arab Latin dan Terjemahannya


Bacaan Niat dan Doa Setelah Sholat Hajat Arab Latin dan Terjemahannya

- Niat Sholat Hajat

USHALLII SUNNATAL HAAJATI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALAA.

Artinya : Aku (niat) shalat sunat hajat 2 rakaat, karena Allah Ta’ala

- Doa Setelah Sholat Hajat

1. Istighfar sebanyak 100 kali
2. Shalawat kepada Nabi Muhammad sebanyak 100 kali

اللھم صــل عــلى ســیدنا محمد صــلاة الرضــا وارض عــن اصحابھ رضـــاءالرضــا

ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN SHALAATARRIDHAA, WARDHA‘AN ASHHAABIHI RIDHAAR RIDHAA.

Artinya : Wahai Allah! limpahkanlah rahmat yang penuh sengan keridhaan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan ridhailah para sahabatnya dengan sepenuhnya.

Dan berikut adalah doa sholat setelah sholat hajat lengkap bahasa arab, tulisan latin dan artinya 

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya : Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Setelah membaca doa kemudian bersujud sambil membaca doa nabi nuh sebanyak-banyaknya dan kemudian masih dalam posisi sujud memohon segala hajat yang di inginkan kemudian bangun dan membaca surat Al Fatihah

لاالھ الا انت سبحانك اني كنت من الظالمین

LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNI KUNTU MINAZH-ZHAALIMIIN.

Artinya: Tak ada tuhan selain Engkau, mahasuci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim.

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Niat dan Doa Setelah Sholat Hajat Arab Latin dan Terjemahannya semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu bagi anda serta dapat diamalkan dengan istiqomah.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: