Bacaan Doa Iftitah Arab Latin dan Terjemahannya

Advertisement
Bacaan Doa Iftitah Arab Latin dan Terjemahannya - Kali ini Admin postingkan Bacaan Doa Iftitah, sebelumnya perlu diketahui Doa Iftitah itu adalah doa yang dibacakan setelah melakukan takbiratul ihram sebelum membaca Surat Al Fatihah, doa iftitah ini adalah ketetapan dari Rasulullah SAW, maka Hukum Membaca Doa Iftitah ini adalah Sunah untuk seorang Imam maupun Makmum ketika Shalat Sendiri atau secara Berjamaah dan jika ditinggalkan atau tidak dibaca maka tidak apa – apa tidak perlu melakukan sujud sahwi. doa iftitah ini memiliki makna pujian atas kebesaran-Nya dan juga pengakuan dari kelemahan dan juga kelengahan dari insan dan membuatnya memerlukan pengampunan dan juga perlindungan dari Allah SWT supaya bisa memiliki akhlaq yang mulia dan dihindarkan dari berbagai akhlak yang tidak baik atau perilaku tercela . Bacaan Doa Iftitah ini disunahkan jika terpenuhinya 5 (Lima) syarat yaitu Shalat yg dilakukan oleh seseorang Muslim bukan di dalam Shalat Jenazah, Tidak takut habis waktu yg dihitung shalat-nya, Tidak takut salah atau luput sebagian Surat Al Fatihah (Untuk Imam), Tidak mendapati imam pada bukan berdiri, Belum masuk saat membaca Ta’awwudz atau basmalah baik itu disengaja maupun lupa. Adapun untuk Bacaan Doa Iftitah Arab Latin lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesianya saya sajikan dibawah ini.
Bacaan Doa Iftitah Arab Latin dan Terjemahannya

Bacaan Doa Iftitah Arab Latin dan Terjemahannya

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya :
Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Ada juga bacaan doa iftitah yang lainnya yang biasa dibaca oleh muhammadiyah berikut adalah lafadz bacaannya :

Bacaan Doa Iftitah/Istiftah Muhammadiyah 
 
اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ

Artinya :
“Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin”

doa iftitah memang bermacam-macam yang penting semua itu bersumber dari petunjuk nabi Muhammad SAW. Sebab doa iftitah itu bagian dari rangkaian ibadah shalat, sedangkan shalat itu harus merujuk kepada yang dicontohkan oleh beliau.

Itulah beberapa Bacaan Doa Iftitah Arab Latin dan Artinya yang telah kami share hasil dari berbagai sumber. semoga para pembaca bisa lebih paham dan hafal doa iftitah tersebut dan dapat menjalankan ibadah sholat dengan istiqomah.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: