Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab Latin dan Terjemahannya

Advertisement
Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab Latin dan Terjemahannya - kali ini admin share Bacaan Doa Berbuka Puasa. namun sebelumnya admin jelaskan Shaum atau puasa dilaksanakan mulai dari terbit fajar atau waktu shubuh sampai terbenamnya matahari atau waktu maghrib.dan dianjurkan untuk memperbanyak ibadah selama berpuasa ramadhan. disini saya bagikan Bacaan Doa ketika Berbuka Puasa yang sengaja disajikan dalam tulisan arab latin dan terjemahan indonesianya agar para pembaca bisa lebih cepat menghafal dan memahaminya. Anjuran untuk memperbanyak doa saat berpuasa diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda:

ثَلَاثٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا اللَّهُ فَوْقَ السَّحَابِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (HR. At-Tirmidzi).

Hadis di atas menunjukkan anjuran bagi orang yang sedang puasa untuk memperbanyak berdoa sebelum dia berbuka. Sebagian ulama menegaskan bahwa hadis ini tidak ada hubungannya dengan berdoa ketika berbuka. Karena teks hadis ini bersifat umum, bahwa orang yang sedang berpuasa memiliki pelluang dikabulkan doanya di setiap waktu dan setiap kesempatan, sebelum dia berbuka. 
Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab Latin dan Terjemahannya

Bacaan Doa Buka Puasa Arab Latin dan Terjemahannya

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Doa diatas sudah sangat terkenal di masyarakat karena pada umumnya masyarakat membaca doa seperti diatas. Namun doa tersebut bersumber dari hadits yang lemah (dhaif) tapi jika membaca doa diatas maka hukumnya diperbolehkan karena tidak bertentangan dengan hukum syar'iah. disini saya sampaikan doa buka puasa dari hadits hasan yang diriwayatkan dari Ibnu Umar beliau mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-dz Dzama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah” (HR. Abu Daud)

Jadi doa yang berasal dari hadits hasan ini yang sangat dianjurkan untuk dibaca ketika akan berbuka puasa, yaitu:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

Artinya : Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.

Doa buka puasa dibaca setelah kita berbuka atau membatalkan puasa. maka urutan yang benar untuk doa ketika berbuka adalah:
  1. Membaca basmalah sebelum makan kurma atau minum (berbuka).
  2. Mulai berbuka
  3. Membaca doa berbuka
Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Doa Buka Puasa Arab Latin dan Artinya semoga dapat menambah ilmu bagi anda dan dapat diamalkan oleh para pembaca semuanya.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: